Chavez: Israel-AS Musuh Kita Bersama

Posted on
  • Monday, June 28, 2010
  • by
  • abiraghib
  • in
  • Labels: , , ,
  • VIVAnews – Presiden Venezuela, Hugo Chavez mengumumkan Israel sebagai pemerintahan ‘genosida’ Minggu kemarin, saat menjamu Presiden Syiria, Bashar Assad — dalam kunjungan pertamanya di negara Amerika Latin.
    Pernyataan Chavez menyusul keputusannya mendekat ke Syiria dan Iran dan memutuskan hubungan dengan Israel tahun lalu, memprotes pendudukan Israel atas Jalur Gaza.
    “Kita punya musuh bersama,” kata Chavez, lalu mendeskripsikan ‘musuh bersama’ itu sebagai ‘kekaisaran Yankee [Amerika Serikat]‘, dan negara genosida, Israel.
    Selama pertemuannya dengan pimpinan Syiria, Chavez mengutarakan kalimat-kalimat kerasnya pada Israel. Kata dia, dataran tinggi Golan — dulunya wilayah Syiria yang dicaplok Israel pada perang 1967 — suatu hari nanti harus kembali ke Syiria.
    “Suatu hari, pemerintahan genosida, Israel akan ditempatkan semestinya, mudah-mudahan sebuah demokratis yang sesungguhnya akan lahir,” kata dia, Sabtu lalu.
    “Tapi saat ini, itu [Israel] tengah menjadi tangan algojo bagi kekhaisaran AS, siapa yang bisa menyangkalnya, bahwa itu akan mengancam kita semua.”
    Sementara, Bashar Assad sepakat dengan Chavez dan menyebut Israel sebagai negara yang ‘berdiri di atas dasar kriminal, dan kematian manusia’. “Israel adalah negara yang tak punya batas.”
    Assad memuji Chaves atas keberaniannya berdiri tegak menentang AS dan mendukung berdirinya negara Palestina.
    Setelah Venezuela, Assad berencana mengunjungi sejumlah negara yakni Kuba, Brazil, dan Argentina. []

    0 comments:

    Post a Comment

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by VLC Player